PAGAR NUSA DUNIA

Pagar nusa adalah salah satu wadah yang sah bagi organisasi pencak silat di lingkungan Nahdlatul Ulama’ (NU) berdasarkan keputusan muktamar. Organisasi iniberstatus lembaga milik Nahdlatul Ulama’ (NU) yang penyelenggaraannya dan pertanggungjawabannya sama seperti lembaga-lembaga Nahdlatul Ulama’ lainnya. Nama lengkap organisasi ini adalah Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama’ Pagar Nusa dapat disingkat IPSNU Pagar Nusa. Status resmi kelembagaan inilah yang menjadikan pagar nusa wajib untuk dilestarikan dan dikembangkan oleh seluruh warga NU dengan mengecualikan pencak silat dan beladiri lainnya. Segala kegiatan yang berhubungan dengan pencak silat dan beladiri dengan segala aspeknya dari fisik sampai mental, dari pendidikan sampai sistem pengamanan dan lain-lain merupakan bidang garapan lembaga ini.

berkat perjuangan santri santri, Pagar Nusa mulai berkembang di negara negara seperti Korea, Taiwan, Hongkong, Malaysia dll. dan sudah mengantongi izin resmi dari pagar nusa pusat serta induk dari pagar nusa yaitu Nahdlatul Ulama.
yang kami tau yang sudah mengantongi ijin resmi dari pusat adalah hongkong , taiwan dan malaysia.
pagar nusa sebagai garda terdepan benteng ulama harus mampu menjadi organisasi yang tidak hanya mengedepankan persilatan, tetapi harus menjaga akhlak dan taat kepada sesepuh kiyai dan ulama.

sedangkan di taiwan sendiri , pagar nusa di resmikan oleh pimpinan pusat gus nabil pada tahun kemarin. yang telah di hadiri oleh PCINU taiwan beserta banom banomya, serta di hadiriri juga oleh KDEI taipei.

semoga kedepannya pagar nusa taiwan semakin berkembang dan semakin berakhal. amin.
salam satu komando.








Comments

Popular Posts